cek hotel & penerbangan harga murah !!!

Probiotik, Apakah Itu ?

Written By Pelecot onlen on Kamis, 28 Juni 2012 | Kamis, Juni 28, 2012


Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang menghasilkan manfaat bagi manusia saat diberikan dalam jumlah yang cukup dari makanan atau suplemen. Ada peningkatan minat dalam penggunaan probiotik dalam pengelolaan dan pengobatan kondisi medis kompleks. Penelitian tentang probiotik tunggal dan multistrain telah menjanjikan untuk beberapa populasi pediatrik. Penggunaan suplemen probiotik untuk anak-anak dengan sindrom iritasi usus, penyakit Crohn, diare, sindrom usus pendek (short bowel syndrome), human immunodeficiency virus (HIV), dan alergi makanan.
Probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan sebagai suplemen makanan yang mempunyai pengaruh menguntungkan pada kesehatan pada manusia dengan memperbaiki keseimbangan mikroflora intestinal. Mikroflora yang digolongkan sebagai probiotik adalah yang memproduksi asam laktat terutama dari golongan Lactobacilli dan Bifidobacteria. Beberapa probiotik disediakan dalam sumber alaminya seperti Lactobacillus pada yoghurt dan sauerkraut.
Probiotik adalah mikroorganisme hidup, yang jika diberikan dalam jumlah yang adekuat akan memberi keuntungan menyehatkan pada individu.Probiotik adalah bakteri non patogen yang menguntungkan yang hidup berkoloni dalam usus halus dan dapat menyebabkan perubahan mikroflora usus dan mempengaruhi aktivitas metabolik dengan hasil yang menguntungkan bagi host.
Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya beberapa contoh pada makanan suplemen diet yang mengandung bakteri berguna dengan asam laktat bakteri (lactic acid bacteria – LAB) sebagai mikroba yang paling umum dipakai. LAB telah dipakai dalam industri makanan bertahun-tahun karena mereka mampu untuk mengubah gula (termasuk laktosa) dan karbohidrat lain menjadi asam laktat. Ini tidak hanya menyediakan rasa asam yang unik dari dairy food fermentasi seperti susu fermentasi, tapi juga berperan sebagai penyedia, dengan cara mengurangi pH dan membuat kesempatan organisme merugikan untuk tumbuh lebih sedikit.
Lactobacillus dan bifidobacterium secara umum merupakan bakteri non patogen, karena mereka secara alami ada di dalam usus.Efikasi dari beberapa probiotik tergantung dari genus, spesies dan strain. Tidak semua bakteri tahan asam mempunyai efek probiotik.Probiotik multipel strain lebih efektif daripada single strain. Lactobacillus GGyang diisolasi dari manusia, stabil terhadap asam lambung dan empedu, dan mempunyai kemampuan berkolonisasi di usus manusia.
Probiotik yang digunakan selama beberapa bulan pada bayi ternyata aman dan ketika digunakan selama beberapa tahun pada populasi umum, dilakukan skrining terhadap bakteremia karena bakteri probiotik.Dua probiotik dan placebo yang berbeda dapat menunjukkan tingkat keuntungan yang berbeda pula pada berbagai kondisi. Hal ini mungkin terjadi, karena kondisi lingkungan yang kompleks pada usus manusia, probiotik dengan multipel strain dapat lebih efektif daripada single strain.
Pada saluran cerna manusia, probiotik menginduksi kolonisasi dan dapat tumbuh secara in situ di lambung, duodenum dan ileum. Pada epitel ileum manusia, mikroorganisme ini dapat menginduksi aktivitas immunomodulatory, termasuk pengambilan CD4+ T Helper cells. Probiotik menginduksi sistem imun, produksi musin, down regulation dari respon inflamasi, sekresi bahan antimikroba, pengaturan permeabilitas usus, mencegah perlekatan bakteri patogen pada mukosa, stimulasi produksi immunoglobulin dan mekanisme probiotik lainnya.
Enzim akan memproduksi bakteri asam laktat yang dapat mempengaruhi proses metabolisme host. Yogurt mempunyai aktivitas laktase yang tinggi, yang dapat membantu keadaan malabsorbsi laktosa. Selama proses fermentasi susu, secara umum, mikroorganisme akan menggunakan laktosa sebagai substrat. Hasilnya, konsentrasi laktosa dalam yogurt akan lebih rendah daripada susu yang tidak difermentasi. Malabsorbsi laktosa dapat mempengaruhi mekanisme diare dengan memproduksi tekanan osmotic intraluminal sehingga mendorong air dan elektrolit ke dalam lumen usus, akibatnya karbohidrat yang tidak diabsorbsi dapat menyebabkan kolonisasi bakteri di usus kecil
Bakteri pada saluran cerna manusia dapat dibagi menjadi 2 kelompok yaitu bakteri yang berguna (useful) dan yang berbahaya (harmful). Probiotik adalah mikroba yang berguna (useful) dari golongan Bakteri Asam Laktat yang mempunyai sejarah panjang dalam biotehnologi, khususnya pada produksi, penyimpanan, penggabungan dalam makanan, dan proses fermentasi.
Probiotik yang terdiri dari bakteria hidup atau bakteria campuran yang memiliki efek menguntungkan pada saluran cerna dan saluran nafas tubuh melalui kemampuannya memperbaiki keseimbangan mikroflora usus. Probiotik adalah mikroba dari golongan Bakteri Asam Laktat yang bekerja mempertahankan kesehatan manusia. Terdapat lebih dari 100 spesies dan lebih dari 10 milyar bakteri dalam usus manusia. Mekanisme kompetisi dan antagonisme diantara bakteri saluran cerna juga mampu mempertahankan keseimbangan ekologis dengan mencegah pertumbuhan berlebihan dari masing-masing spesies penghuninya. Kompetisi dari reseptor adhesi, kompetisi makanan, dan produksi senyawa inhibitor (antagonis) juga merupakan mekanisme yang menghalangi berlebihnya kolonisasi dan pertumbuhan bakteri. Senyawa inhibitor (antagonis) tersebut antara lain adalah: asam lemak organik, hidrogen peroksida, asam laktat, antibiotik, enzim-enzim, dan bakteriosin. Produksi asam laktat oleh Lactobacillus menghasilkan pH rendah dan menghambat pertumbuhan bakteri patogen.
Probiotik yang efektif harus memenuhi beberapa kriteria :
  • memberikan efek yang menguntungkan pada host,\
  • tidak patogenik dan tidak toksik,
  • mengandung sejumlah besar sel hidup,
  • mampu bertahan dan melakukan kegiatan metabolisme dalam usus,
  • tetap hidup selama dalam penyimpanan dan waktu digunakan,
  • mempunyai sifat sensori yang baik,
  • diisolasi dari host.

Manfaat

  • Probiotik seringkali direkomendasikan sebagai pengobatan candidiasis.
  • Beberapa probiotik mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Bakteri probiotik memberikan efek yang menguntungkan bagi keseimbangan mikroba usus host dan dapat memperbaiki atau meningkatkan sistem imun.
  • L.Reuteri, satu dari spesies lactobacillus, sudah digunakan secara luas selama beberapa tahun sebagai suplemen makanan. Beberapa studi menunjukkan efek positif pada gangguan pencernaan sperti diare dan konstipasi.
  • Bahan antimicrobial yang diproduksi oleh Lactobacillus GG dapat mengontrol proliferasi dari organisme gram negatif dan gram positif. Bahan antimikrobial ini tidak menghambat aktivitas lactobacillus lainnya. Strain ini sudah digunakan dengan sukses dalam terapi terhadap Colitis yang relaps akibat clostridium difficile.
  • Pemberian makan disertai susu fermentasi yang mengandung lactobacillus casei ataulactobacillus acidophilus dapat memproduksi imunostimulasi pada host dengan mengaktivasi makrofag dan limfosit. Hal ini berhubungan dengan bahan yang diproduksi oleh organisme-organisme ini selama proses fermentasi yaitu beberapa bahan metabolit, peptide dan enzim.
  • Pada anak dengan malnutrisi, diare akut menyebabkan perubahan keseimbangan mikroflora secara drastis, pada kasus ini pemberian produk yang difermentasi dapat membantu rekolonisasi.
  • Tambahan probiotik pada makanan sehari-hari merupakan cara yang efektif untuk mengurangi demam, flu dan angka kejadian batuk, serta menurunkan durasi dari pemggunaan antibiotik, pada usia 3-5 tahun.
  • Probiotik juga terbukti memperbaiki diare kronik, inflammatory bowel disease,irritable bowel syndrome dan alergi makanan, dan dapat mencegah kondisi yang lebih buruk, dari travelers diare dan NEC menjadi infeksi urogenital, penyakit atopik dan karies gigi.
  • Susu formula bayi yang mengandung Bifidobacterium lactis atau Lactobacillus reuteri, dapat menurunkan resiko diare, gejala gangguan saluran pernapasan, demam
Efek kesehatan yang menguntungkan dari probiotik adalah :
  • memperbaiki keluhan malabsorsi laktosa,
  • meningkatkan ketahanan alami terhadap infeksi di usus,
  • supresi kanker,
  • mengurangi kadar kholesterol darah,
  • memperbaiki pencernaan,
  • stimulasi imunitas gastrointestinal.
  • Prebiotik adalah nondigestible food ingredient (komponen pangan yg tidak dapat dicerna oleh enzim-enzim pncernaan) yang mempunyai pengaruh baik terhadap host dengan memicu aktivitas, pertumbuhan yang selektif, atau keduanya terhadap satu jenis atau lebih bakteri penghuni kolon. Prebiotik pada umumnya adalah karbohidrat yang tidak dicerna dan tidak diserap, biasanya dalam bentuk oligosakarida dan serat pangan.
Kandungan Makanan yang diklasifikasikan sebagai prebiotik harus:
  1. tidak dihidrolisa dan tidak diserap dibagian atas traktus gastrointestinal sehingga dapat mencapai kolon tanpa mengalami perubahan struktur dan tidak diekskresikan dalam feses
  2. substrat yang selektif untuk satu atau sejumlah mikroflora yang menguntungkan dalam kolon, jadi memicu pertumbuhan bakteria
  3. mampu merubah mikroflora kolon menjadi komposisi yang menguntungkan kesehatan
Tipe probiotik
Bentuk yang paling umum dari probiotik adalah produk peternakan dan makanan probiotik. Bagaimanapun juga, tablet dan kapsul berisikan bakteri dalam kondisi dibekukan juga dapat ditemukan.
Beberapa probiotik umum meliputi berbagai spesies dari genera
Bifidobacterium dan Lactobacillus seperti:
Bifidobacterium bifidum
Bifidobacterium breve
LBifidobacterium infantis
Bifidobacterium longum
Lactobacillus acidophilus
Lactobacillus casei
Lactobacillus plantarum
Lactobacillus reuteri
Lactobacillus rhamnosus
Lactobacillus GG
Ada pula satu spesies ragi yang digunakan sebagai probiotik:
Saccharomyces boulardii
Beberapa bakteri yang umum dipakai dalam produk tapi tanpa efek probiotik (bakteri yoghurt):
Lactobacillus bulgaricus
Streptococcus thermophilus
Beberapa bakteri lain disebutkan dalam produk probiotik:
Bacillus coagulans
Lactobacillus bifidus
Lactobacillus caucasicus
Beberapa produk fermentasi mengandung asam laktat bakteri yang mirip walaupun sering belum dibuktikan memiliki efek probiotik atau kesehatan termasuk:
Kefir
Yogurt
Sauerkraut
Kimchi
Kombucha
Dadiah : susu fermentasi dari Minangkabau
Sinbiotik (Eubiotik) adalah kombinasi probiotik dan prebiotik. Penambahan mikroorganisme hidup (probiotik) dan substrat (prebiotik) untuk pertumbuhan bakteri misalnya fructooligosaccharide (FOS) dengan bifidobacterium atau lactitol dengan lactobacillus. Keuntungan dari kombinasi ini adalah meningkatkan daya tahan hidup bakteri probiotik oleh karena substrat yang spesifik telah tersedia untuk fermentasi sehingga tubuh mendapat manfaat yang lebih sempurna dari kombinasi ini.
Dosis Penggunaan
  • Lactobacilli populasinya adalah 10 pangkat 6, sedangkan bifidobacteria adalah 10 pangkat 8. Beberapa produsen melebihkan jumlahnya 2 – 3 log (pangkat 10) untuk mengantisipasi kerusakan akibat melalui saluran cerna bagian atas (lambung)
  • Dosis probiotik yang dianjurkan adalah 10 pangkat 7 hingga 10 pangkat 9. Rekomendasi untuk bakteri Lactobacillus memang sekitar 10 pangkat 6. Jika memberikan kurang dari itu, maka proses keseimbangan tidak tercapai yang berarti tidak bisa disebut probiotik. Oleh karena itu, preparat probiotik Lactobacillus umumnya diberikan pada dosis 10 pangkat 7 hingga pangkat 9.
  • Untuk Dialac® yang mengandung heat-killed bacteria, memang agak berbeda. Perbedaannya, jumlah yang dihitung tersebut (10 pangkat 10) adalah pada saat fermentasi dan preparasi sel Tyndallized. Selain itu karena bakteri sudah dimatikan, maka tidak akan berproliferasi hingga mencapai target. Berbeda dengan bakteri yang hidup yang masih bisa bertambah jumlahnya pada saat mencapai sel target. Tentu hal ini juga sudah memperhitungkan adanya sebagian bakteri yang mati pada perjalanan sebelum mencapai target
  • Lactobacillus paracasei strain ST 11, dalam bentuk Lypholized ST 11 (5 x 109 colony forming units) 2 kali sehari selama 5 hari, disertai dengan pemberian ORS (oral rehydration solution).
  • Penggunaan Bifidobacterium bifidum dan Lactobacillus acidophilus yang ditambahkan ke dalam ASI atau susu formula untuk mencegah terjadinya NEC(Necrotizing Enterocolitis) pada bayi dengan berat badan sangat rendah <1500 gram, yaitu dalam bentuk Infloran (L.acidophilus 109 colony forming units dan B.bifidum 109 colony forming units) 125mg/kgBB per dosis, 2 kali sehari selama 6 minggu